Thursday, September 13, 2012

United States of Awesomeness, Part 1 : Departing

One of my friends, Dian, is planning a holiday trip to the US and recently asked me for some tips and tricks, because I went there last summer. I'm not a traveling expert or anything (usually I can't even pack properly. haha),  but I thought I'd share a few of my experiences with you guys.

Departing
Gw naik Singapore Airlines : Jakarta - Singapura - Frankfurt - New York. Total perjalanan sekitar 24 jam. Dari New York ganti penerbangan with a local airline called Jet Blue, nunggu sekitar 1,5 jam trus lanjut New York - Boston.

Tips 1 : Kalo mau save some money, biasanya rute Jakarta - San Fransisco lebih murah daripada Jakarta - New York. 

Tips 2 :  Singapore Airlines kursinya nyaman, ada tv di tiap kursi & makanannya enak dan variatif (they serve meals for like, every 2 hours.. and free flow wine). Kemaren gw pake Singapore Airlines karna nyokap gw sakit, dan mereka nyediain supplementary oxygen in case of emergency.

Tips 3 : Untuk penerbangan lokal antar kota, lebih murah kalo beli langsung disana by the time you get there. Jet Blue ini pesawatnya kecil sih, tapi enak, murah.

Tips 4 : Yang mesti diinget, penerbangan lokal biasanya harga tiket cuma include 1 bagasi. Jadi kalo bawa koper >1, ada additional fee. Untuk Jet Blue per koper $40.

Tips 5 : Orang Amerika strict banget soal Security Check. Parno kali ye. :P Don't forget to remove your jacket, hats, scarfs, jam tangan, shoes (pakailah sepatu yang gampang dicopot). Laptop atau tablet dikeluarin dan ditaro di atas tas pas x ray. Dilarang bawa benda cair > 100 ml ke dalem kabin. Semua benda cair dimasukin ke plastik ber-seal, kayak gini nih. Kalo ngga, bakal dibuang dengan kejamnya.



Tips 6 : Katanyaa siiih.. petugas imigrasi di sana galak-galak, tapi gw kemaren dapet yang baik kok, friendly banget malah, mungkin karna kasian nyokap gw lagi sakit yah. Orang sebelah gw ada yang dijutekin karna ngisi arrival form sama customs form nya ngga bener. Oh ya, pas mendarat di JFK, dilarang foto-foto sebelum lewat dari imigrasi. I dunno why tapi ada tanda nya.

Tips 7 : Trolly di bandara ngga gratis, bayar $5.  Siapin uang kecil kalo mau. Karena pas berangkat bawaan gw ringan, jadi gw sih narik koper sendiri aja. 

Kayanya itu dulu tips tentang departing for USA. See you in Part 2!  :)

Love,
TS

No comments: