Thursday, September 13, 2012

United States of Awesomeness : Visa Amerika

Okay, ini harusnya di-post sebelum United States of Awesomeness Part 1 yah, cuman gw baru inget. Haha ya maap. :)

One of my good friends, Willy, sempet nanya tentang bikin visa. Ngga berapa lama, temen gw Ratna juga nanya hal yang sama. Visa Amerika emang terkenal susah dapetnya. Tapi prinsipnya kalo alesannya jelas, insya Allah lancar kok. :)

Jadi, ini pengalaman gw bikin visa di US embassy..

Tips 1: Datanglah tepat waktu. Gw dateng 1 jam sebelum jadwal gw, itu aja udah ngantri. 
Gw ngantri 5 menitan, trus absen. Siapin paspor. Ditanya "Jadwal yang jam berapa?" "Jam 8." Trus petugasnya akan nyari nama lo di list.

Next. Security check.
Tips 2: Pakai baju rapi... dan ngga usah pake high heels. Gw pake high heels Charles & Keith setinggi 12 senti waktu itu, begitu lewat X ray bunyi, jadi harus dicopot. Pas dicopot ga bunyi. Ya ga kenapa2 juga sih, cuman jadi rempong aja kan :D

Next. Semacam loket pengecekan berkas gitu. Di sana ditanya "Pernah ganti nama ngga? Pernah ganti paspor?" "Ngga."
Abis itu dikasih nomor urut, trus nunggu lagi.

Tips 3: Nunggunya lama, paling enak kalo bareng temen/sodara jadi sambil ngobrol. Oyah, di dalem ada yang jual makanan jadi lumayan lah bisa cemil-cemil.

Setelah nunggu sekitar 1 jam, nomer gw dipanggil. Masuk ke ruangan.

Yak, next. Loket sidik jari. Dengerin aja instruksi petugasnya. Left thumb - Left fingers - Right thumb - Right fingers. Done.

Lanjut: nunggu lagi. Udah terakhir nih, tinggal wawancara.

Wawancara pun bentuknya loket gitu. Jadi kita bisa denger orang lain ditanya apa aja, di-approve atau ngga, dll.

When it's our turn, nyokap gw ditanya duluan. Kita ditanya sama petugas bule laki-laki.

Q: What's your name?
M: (she told him her full name)
Q: Who are you traveling with?
M: (nyokap nunjuk gw, adek gw, dan tante gw) my children and my sister.

Q: Reason for traveling to US?
M: Medical reasons. I have a heart condition. I'm going to have an operation in Boston Children's Hospital.
Q: What kind of heart condition?
M: (untung nyokap gw pinter, dia jelasinlah tentang Pulmonary Regurgitation, plus riwayat Tetralogy Fallot dst..)
Q: Do you have any letters from your doctor?
-------> Kita komunikasi sama dokter di Boston itu lewat e-mail, dan dodolnya, e-mailnya lupa diprint!
TIPS PALING PENTING: Jangan ada dokumen yang ketinggalan.
But luckily nyokap gw pinter ngomong, dan pede berat. Jadi emang meyakinkan sih.
"..We communicate via emails, but I don't have them with me..."


Q: Okay, okay.. What's the name of your doctor in Boston?
M: (told him the doctor's name)
Q: (ngecek-ngecek di komputernya) Okay. Do you have any insurance? (intinya doi nanya siapa yang biayain perjalanan kita)
M: (mulailah nyokap ngeluarin berkas2 tiket, rekening koran, dll yang menjamin bahwa kita financially mampu pulang balik US) Again, jangan ada dokumen yang ketinggalan.
Q: Where are you going to stay in Boston?
M: (told him the address of our appartment)

Tips 5 : Katanya siiih.. Kalopun punya, jangan bilang kalo punya keluarga di sana. #randomtipsifoundontheinternet :P

Q: Okay, Ma'am, your visa has been approved, but when you get to the immigration at New York, you have to show the person there the printed-out emails, or else you can't enter USA.
M: Okay, thank you.


Giliran gw. 
Q: What's your name?
T: (I told him my full name)
Q: How old are you?
T: I'm 24.
Q: Do you have any job?
T: Yes, I'm a medical doctor.

Tips 6: Katanya lagi nih, jangan sekali-kali bilang "saya pengangguran". Bilang udah kerja juga, pasti harus nyertain buktinya. Karena gw dokter, gw sertain ijazah dan Surat Tanda Registrasi.

Q: Where do you work?
T: (I told him the place where I work)
Q: How long have you been working there?
T: Since I graduated, which is--
Q: When did you graduate?
T: ..last year, in September.
Q: Are you married?
T: No

Giliran adek gw.
Q: What's your name?
A: (nyebutin nama lengkapnya)
Q: How old are you?
A: I'm 17
----->  di sini muka petugasnya kaget, trus bolak balik ngeliatin: adek gw, gw, sama paspor kita. Secara gw jauh lebih pendek dan lebih imut dari adek gw kali yah :D

Q: Are you still in school?
A: Yes, I'm in high school.
Q: (ngomong ke nyokap gw) Because he's a minor, I'm gonna need your.. (gw lupa dia nyebutnya apa, pokonya doi minta kartu keluarga)
A: (adek gw ngasih liat kartu keluarga asli)
Q: (doi ngecek-ngecek bentar) Okay, you're good to go.

Giliran tante gw
Q: (setelah pertanyaan standar nama, umur, pekerjaan) Have you ever been to US?
A: Yes, I went to US several times already.
Q: What for?
A: (trus tante gw ini cerita bahwa dia dulu keja di perusahaan Amerika, dan sering bolak balik untuk rapat di St.Louis, dll...)
Q: (manggut-manggut) Okay.
     (ngomong ke kita ber-empat) Guys, your visa has been approved.

"Thank you..! Thank you so much!"

Yeay!


Love,
TS




No comments: